Ini Hanya Blog Biasa yang Menyediakan Informasi Hal-hal Menarik Tentang Aceh.
Kuah Pliek-U, Gulai Para Raja
Masakan atau gulai khas Aceh.
Okezine - Template
Mesjid Raya Baiturrahman
Saksi bisu sejarah Aceh.
Okezine - Template
Tari Saman
Satu ciri menarik dari tari Aceh
..
Prev 1 2 3 Next

Thursday 26 July 2012

Wisata Kuliner Aceh

  • Info Dari Detik Food

    Masam Keu-eung

    Masam Keu-eung, Jl. Soekarno-Hatta Lampineureut, Aceh Besar
    HP: 0813 60259096


    Keu-eung dalam bahasa Aceh berarti pedas. Masakan ini esensinya mirip dengan masakan asam pedas di Riau, atau pindang di Palembang. Kebanyakan proteinnya adalah ikan laut, misalnya bawal.
  • 27 Maret 2011 Bintang tamu: Thalita Latief

    Sop Sumsum Langsa

    Sop Sumsum Langsa, Jl. Panglima Nyak Makam 53 Banda Aceh

    Bagi banyak orang, ini adalah sajian yang "mengerikan". Sebonggol besar tungkai sapi atau kerbau dalam kuah sup dihidangkan di meja, lengkap dengan sumsum di dalam, dan urat yang masih lengket di tulangnya. Sumsum sapi berwarna putih keruh kekuningan, lembut dan dapat dihirup dengan sedotan. Sedangkan sumsum kerbau coklat kehitaman, bertekstur agak padat. 
  • 27 Maret 2011 Bintang tamu: Thalita Latief

    Keude Nasi Delon

    Keude Nasi Delon, Jl. Mohammad Zam 44 (sebelah Masjid Baiturrahman) Banda Aceh, HP: 085294720034

    Gerobak ini sebetulnya mangkal di depan RM Kawan Baru yang menyediakan minuman dan berbagai makanan pelengkap. Sajian utama keude bu (kedai nasi) Delon ini adalah sie itek masak merah dan masak puteh (juga disebut masak korma). Ini adalah bebek yang dimasak dalam kari kental. Yang masak puteh lebih mirip opor Jawa. Bebeknya empuk.
  • 27 Maret 2011 Bintang tamu: Thalita Latief

    Dapu Kupi

    Jl. Banda Aceh – Medan Simpang Surabaya, Banda Aceh
    Banda Aceh adalah bandar dengan 1001 keude kupi (warung kopi). Di kedai ini mencicipi berbagai jajanan khas Aceh seperti timphan - kue basah dari tepung ketan campur pisang dikukus.
  • 2007 Materi Isi: Arie Parikesit, Presenter: Bondan Winarno
    Datang ke Pasar Seutui naik betor (becak motor khas Aceh)

    Lontong Sayur Ibu Ida

    Jl. Teuku Umar, Pasar Seutui, Banda Aceh - 085260222815
    Mencicipi kue lupis dan cenil, jajanan pasar yang sangat mirip dengan jajanan serupa di Jawa. Beberapa penjual lupis juga menjajakan lontong sayur yang lezat. Versi Pasar Seutui ini memakai sayur pepaya mengkal (bukan labu siam), dengan kuah yang lebih mlekoh dan lebih pedas. Tidak ditaburi sambal goreng kentang, melainkan justru dengan bubuk kedelai. Kentara sekali pengaruh Jawa dalam sajian ini.
  • 2007 Materi Isi: Arie Parikesit, Presenter: Bondan Winarno

    RM Millennium Ujong Batee

    Jl. Teuku Hasan Dek, Jambo Tapee - 0651 34447
    Rumah makan yang menyajikan hidangan Aceh berkelas. Udangnya sangat segar, sehingga menghasilkan udang yang manis dan gurih setelah digoreng. Sajian andalan lain adalah kari tiram dengan cabe hijau, kari kepiting, gulai kepala ikan.

    Mirip cara penyajian di rumah makan Padang, semua masakan dihidangkan di meja. Kecuali yang dipesan khusus, kita hanya membayar makanan yang disantap.
  • 2007 Materi Isi: Arie Parikesit, Presenter: Bondan Winarno

    Tahu Goreng Pagar Air

    Jl. Medan, Bineh Blang - 0852 60272782
    Jajanan murah-meriah yang ternyata bukan sekadar tahu goreng, melainkan malah mirip gado-gado. Selain tahu goreng, isinya adalah kentang rebus, tauge, daun selada, dan kerupuk, disiram saus kacang, kecap manis, dan asam cuka. Adukan yang segar dengan sedikit tone asam cuka di belakang.
  • 2007 Materi Isi: Arie Parikesit, Presenter: Bondan Winarno

    Nasi Kari Bebek Ibu Suryani

    Pusat Jajanan REX - Peunayong, Banda Aceh - 085260482584
    Satu diantara berbagai food court yang populer di Banda Aceh. Tertata rapi dengan berbagai pedagang di sekeliningnya. Banyak penjaja nasi goreng, mi aceh, kerang rebus, sate padang, martabak aceh, dan nasi bebek.

    Mencicipi nasi bebek yang sungguh mengesankan. Bebek dan kentang dimasak dalam kuah kari yang mlekoh. Masakan tradisi Aceh ini disebut sie itek. Di dalam karinya juga ada kelapa parut yang disangrai, sehingga menciptakan tekstur yang istimewa dalam kuah gurih itu.
  • 2007 Materi Isi: Jalansutra/Arie Parikesit, Presenter: Bondan Winarno
    Pembukaan di Lho Nga, pantai di Utara Banda Aceh, tempat penyeberangan menuju Sabang di Pulau We.

    Nasi Guri Ibu Ros

    Jl. Jenderal Sudirman 35 (depan RS Fakinah) - 0651 636684
    Nasi guri atau nasi gurih mirip nasi uduk atau nasi lemak, tetapi lebih gurih. Ditaburi bawang goreng, serundeng, kerupuk, dan kacang goreng. Lauknya kalio daging sapi (juga ada paru dan limpa), kalio ayam, ikan rambeu goreng, dendeng, dan lain-lain. 
  • 2007 Materi Isi: Jalansutra/Arie Parikesit, Presenter: Bondan Winarno

    RM Ayam Tangkap Cut Dek

    Jalan Raya Banda Aceh, Lambaro - 0651 7557050
    Mencicipi ayam tangkap, kuah plie'u, kare kameng (kari kambing), asam udang. Minumnya ie boh timun atau timun kerok dengan gula dan es batu. Ayam tangkap adalah ayam dipotong kecil berikut tulangnya, dibumbui, dan digoreng dengan daun temurui, daun pandan, cabe hijau, bawang merah. Plie’u adalah sayur khas Aceh yang versi aslinya harus dibuat dari 44 bahan dan bumbu. Salah satunya adalah kelapa parut yang dibiarkan setengah membusuk selama dua hari, baru dimasak. Rasanya sangat khas. Asam udang adalah semacam sambal yang dibuat dari udang dihaluskan, dengan bawang merah cincang, asam sunti, cabe rawit.
  • 2007 Materi Isi: Jalansutra/Arie Parikesit, Presenter: Bondan Winarno

    Mi Razali

    Jalan Teuku Panglima Polem 83, Peunayong - 0651 27148

    Mi Aceh mirip mi mamak di Singapura dan Malaysia, alias mi yang dimasak oleh kaum mamak (Muslim India atau Pakistan). Berani bumbu, dengan citarasa kari. Mi-nya berwarna kuning pekat, hampir jingga. Versi biasa adalah dengan irisan daging sapi. Ada juga versi spesial dengan kepiting (satu ekor kepiting dalam satu porsi), atau udang, dan cumi.

    Mi Aceh dihidangkan dengan emping mlinjo dan acar bawang merah. Ada versi goreng maupun rebus (berkuah).

0 comments: